Tips Mudah Merawat Mobil Sendiri

Gambar Ilustrasi

Gaya hidup masa kini yang menuntut sebagian masyarakat untuk beraktifitas di rumah membuat intensitas penggunaan mobil sebagai sarana mobilitas menjadi lebih berkurang. Akan tetapi, sebagai pemilik mobil yang ingin mobilnya selalu dalam kondisi optimal saat digunakan perlu melakukan beberapa tips perawatan ringan berikut. Mobil akan menjadi menyenangkan untuk digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

  1. Air radiator

Melakukan pengecekan air atau cairan radiator menjadi salah satu cara dalam merawat kendaraan. Seperti diketahui, komponen radiator menjadi perangkat yang sangat vital pada kendaraan roda empat. Jika kondisinya tidak terpantau bisa saja menyebabkan terjadinya overheat hingga kerusakan yang lebih barah. Untuk itu, pengecekan cairan pada komponen ini perlu dilakukan agar kinerjanya tetap sempurna dalam mendinginkan mesin.

  1. Periksa volume oli

Volume oli juga perlu diperiksa untuk memastikan volume sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan yakni tidak kekurangan atau pun kelebihan.

  1. Air wiper

Perawatan lain yang tidak boleh dilupakan adalah mengecek volume air wiper yang ada di dalam tangki cadangan. Meski terkesan sepele, tetapi ketersediaan air pada tabung reservoir wiper ini cukuplah penting, terlebih di musim hujan seperti sekarang ini. Yang mana kadang air hujan bisa menyebabkan kaca menjadi lebih kotor dari biasanya, sehingga dibutuhkan air wiper untuk membantu membersihkannya

  1. Cek volume minyak rem

Keberadaan minyak rem juga menjadi bagian dari perawatan mobil yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Untuk memastikan agar kinerja sistem pengereman tetap optimal, sebaiknya dipastikan ketinggian minyak rem berada pada batas maksimum. Jika diketahui minyak rem berkurang atau di bawah batas terendah, sebaiknya ditambah agar sesuai.

  1. Kondisi ban

Komponen lain yang perlu diperiksa adalah kondisi fisik ban. kondisi ban juga berpengaruh terhadap stabilitas kendaraan. Terlebih ketika digunakan untuk melintasi jalan yang kondisinya masih basah atau di bawah guyuran air hujan. Jika kondisi karet pelapis pelek sudah jelek atau aus tentunya akan berpotensi mobil tergelincir karena mengalami aquaplaning. “Periksa juga kondisi ban, tekanan angin dan alur ban. Pastikan tekanan udara sudah sesuai standar dan alur serta ketebalannya masih bagus,”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *